• (Refleksi) Dialog Internasional 7 Pendidikan Matematika

    http://powermathematics.blogspot.com/2012/09/linkedin-groups-math-math-education.html



    Matematika dapat dibedakan menjadi dua yaitu, matematika murni dan pendidikan matematika. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pendidikan murni lebih bersifat konseptual dan tidak mementingkan pada penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan pendidikan matematika mempelajari matematika yang dikaitkan dengan penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari dan cenderung bersifat praktis. Saya tidak setuju bila matematika murni diterapkan pada bangku sekolah dasar dan menengah, sebab kurangnya pemahaman filosofis, teoritis, dan tanah psikologis. Siswa sekolah dasar dan menengah juga cenderung lebih mudah menerima hal-hal yang bersifat konkret, seperti mengenal benda-benda yang ada di sekitarnya. Jika dalam pembelajaran matematika hanya mengacu pada teori-teori saja, maka tingkat kecepatan pemahaman siswa pun akan lebih lama. Begitu juga dalam hal perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum ini perlu adanya berbagai pertimbangan yang tidak menitikberatkan pada salah satu aspe saja. Hal ini perlu adanya komuniasi yang baik antarpihak yang bersangkutan.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar