Matematika
dapat dibedakan menjadi dua yaitu, matematika murni dan pendidikan matematika.
Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pendidikan murni lebih
bersifat konseptual dan tidak mementingkan pada penggunaan dalam kehidupan
sehari-hari. Sedangkan pendidikan matematika mempelajari matematika yang
dikaitkan dengan penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari dan cenderung
bersifat praktis. Saya tidak setuju bila matematika murni diterapkan pada
bangku sekolah dasar dan menengah, sebab kurangnya pemahaman filosofis,
teoritis, dan tanah psikologis. Siswa sekolah dasar dan menengah juga cenderung
lebih mudah menerima hal-hal yang bersifat konkret, seperti mengenal
benda-benda yang ada di sekitarnya. Jika dalam pembelajaran matematika hanya
mengacu pada teori-teori saja, maka tingkat kecepatan pemahaman siswa pun akan
lebih lama. Begitu juga dalam hal perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum ini
perlu adanya berbagai pertimbangan yang tidak menitikberatkan pada salah satu
aspe saja. Hal ini perlu adanya komuniasi yang baik antarpihak yang
bersangkutan.
-
Home / / (Refleksi) Dialog Internasional 7 Pendidikan Matematika
(Refleksi) Dialog Internasional 7 Pendidikan Matematika
Mei 02, 2013 0
http://powermathematics.blogspot.com/2012/09/linkedin-groups-math-math-education.html
(Refleksi) Dialog Internasional 7 Pendidikan MatematikaDini Annisa Nurbaety Elsola Mei 02, 2013
You might also like
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar