Hakekat
Matematika Sekolah yang telah disebutkan di atas membantu proses pembelajaran
Matematika menjadi lebih efektif dan efisien. Matematika Sekolah meliputi
kegiatan penelusuran pula atau hubungan, problem solving, investigasi, dan
komunikasi. Saya setuju, jika keempat point tersebut merupakan alternatif agar
Matematika di sekolah menjadi lebih ramah dan menyenangkan bagi diri siswa.
Saya
tertarik dengan point kedua, yaitu Matematika adalah kegiatan problem solving
(pemecahan masalah). Dalam hal ini, siswa belajar merumuskan dan memecahkan
masalah, sehingga dengan cara tersebut siswa mampu memberikan respon terhadap
suatu masalah pembelajaran. Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan
kesulitan maupun keraguan dalam proses pembelajaran yang diharapkan mereka
mampu berlatih mencari jalan keluarnya. Sehingga, ketergantungan siswa terhadap
guru pun berkurang.
Namun,
bagaiman cara menerapkan keempat point di atas dalam proses pembelajaran
khususnya untuk siswa Sekolah Dasar?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar