• IDENTIFIKASI MASALAH PSIKOLOGI MENGAJAR MATEMATIKA, PSIKOLOGI BELAJAR MATEMATIKA DAN PSIKOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA



    Dari berbagai pertanyaan dan pernyataan di atas, ternyata mengajar, belajar, dan pembelajaran Matematika itu mempengaruhi kondisi psikologi siswa dan guru. Dari segi siswa, tak jarang mereka mengalami kesulitan belajar. Kesulitan tersebut tidak selalu disebabkan oleh kecerdasan siswa yang rendah, namun dapat berasal dari faktor fisiologi, psikologi, maupun lingkungan belajar. Kesulitan atau hambatan yang dialami siswa akan mempengaruhi prestasi belajar.
    Oleh karena itu, guru sebagai pendidik dituntut untuk bertanggungjawab atas perkembangan peserta didik, termasuk dalam hal psikologi seluruh siswa. Sesuai dengan pernyataan nomor tujuh di atas, yaitu tanggung jawab guru adalah mendidik semuanya “Education for All”. Salah satu upaya yang bisa dilakukan dengan memberikan motivasi belajar. Bagi guru, mengetahui motivasi belajar dari siswa sangat diperlukan guna memelihara dan meningkatkan semangat belajar siswa. Bagi siswa, motivasi belajar dapat menumbuhkan semangat belajar sehingga siswa terdorong untuk melakukan perbuatan belajar. Siswa melakukan aktivitas belajar dengan senang sesuai dengan kesadaran dari dalam diri siswa itu sendiri. Jadi, pendekatan psikologi antara guru dengan siswa memang diperlukan.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar