• Lesson Study dan Siswa Berkebutuhan Khusus Belajar Matematika (Telah dimuat di Bernas, 26 Agustus 2008)

    http://powermathematics.blogspot.com/2008/11/lesson-study-dan-siswa-berkebutuhan.html


    Sesuai bunyi pasal 31 ayat 1 UUD 1945, yaitu setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Hal ini membuktikan bahwa pendidikan tidak terbatas pada kalangan tertentu. Baik kaya, miskin, normal, bahkan mereka yang berkebutuhan khusus juga berhak mendapatkannya. Apalagi mereka (siswa) yang berkebutuhan khusus membutuhkan perhatian dan fokus yang lebih dalam pembelajarannya. Hal ini disebabkan mereka memiliki kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial dan / atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Akan tetapi, kekurangan-kekurangan ini bukanlah menjadi penghalang atau hambatan untuk mengikuti pembelajaran khususnya dalam belajar Matematika.
    Guru harus mampu menjadikan dirinya sebagai orang tua kedua, yaitu mampu memperhatikan kemampuan, karakteristik, dan kebutuhan dari kekurangan atau gangguan tiap-tiap anak yang bertujuan untuk mengembangkan potensi mereka sehingga dapat berkembang secara optimal.
    Saya setuju dengan artikel di atas yang menawarkan solusi bagi anak berkebutuhan khusus agar tetap mengikuti pembelajaran, yaitu dengan metode pembelajaran Lesson Study dan Penjas Adpted. Semoga dengan kedua pendekatan tersebut dapat membantu anak-anak berkebutuhan khusus.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar