Saya setuju
dengan pendapat di atas bahwa matematika merupakan kreativitas bahkan berupa
kegiatan. Kreativitas di sini artinya siswa memiliki kesempatan yang besar
untuk menghasilkan atau menggali ide-ide alternatif atau kemungkinan yang dapat
digunakan dalam memecahkan masalah. Siswa akan terlatih untuk selalu
bereksplorasi dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Matematika sebagai
kegiatan maksudnya matematika merupakan kegiatan siswa, di mana siswa akan
mencari pola-pola hubungan yang pada akhirnya mampu merumuskan konsep sesuai
apa yang ia ketahui.
Untuk menghadapi
keanekaragaman siswa, maka guru dituntut untuk selalu kreatif, inovatif, di
mana guru mampu mengembangkan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa. Selain
itu, guru juga dituntut untuk selalu mengembangkan sumber belajar, yaitu berupa
textbooks, Lembar Kerja Siswa (LKS), modul, teknologi informasi, dan lain-lain.
Selain metode
pembelajaran, peran komunikasi juga sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena
pada hakikatnya, pembelajaran merupakan suatu rantai komunikasi antarsiswa,
antarguru, dan antara siswa dengan guru. Dan tentunya diperlukan adanya
komunikasi dua arah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar