• (Refleksi) Mathematics and Language 9

    http://powermathematics.blogspot.com/2013/03/mathematics-and-language-9.html



    Saya setuju dengan pendapat di atas bahwa matematika merupakan kreativitas bahkan berupa kegiatan. Kreativitas di sini artinya siswa memiliki kesempatan yang besar untuk menghasilkan atau menggali ide-ide alternatif atau kemungkinan yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah. Siswa akan terlatih untuk selalu bereksplorasi dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Matematika sebagai kegiatan maksudnya matematika merupakan kegiatan siswa, di mana siswa akan mencari pola-pola hubungan yang pada akhirnya mampu merumuskan konsep sesuai apa yang ia ketahui.
    Untuk menghadapi keanekaragaman siswa, maka guru dituntut untuk selalu kreatif, inovatif, di mana guru mampu mengembangkan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa. Selain itu, guru juga dituntut untuk selalu mengembangkan sumber belajar, yaitu berupa textbooks, Lembar Kerja Siswa (LKS), modul, teknologi informasi, dan lain-lain.
    Selain metode pembelajaran, peran komunikasi juga sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena pada hakikatnya, pembelajaran merupakan suatu rantai komunikasi antarsiswa, antarguru, dan antara siswa dengan guru. Dan tentunya diperlukan adanya komunikasi dua arah.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar