Problematika
pembelajaran saat ini, yaitu terletak pada metode yang terlalu mengejar target
hasil (output). Hal ini tidak
diimbangi dengan perencanaan dan pengelolaan pembelajaran yang menstimulus siswa
untuk berkreativitas. Begitu juga dengan pelajaran matematika yang menjadi
salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Saya setuju apabila
matematika bukanlah hafalan tumpukan rumus. Sebab dengan hafalan atau daya
ingat tersebut justru akan membebankan siswa yang mengakibatkan ketidakefektivan
dalam belajar. Pada dasarnya, segala sesuatu yang dihafal cenderung akan cepat
hilang atau lupa. Oleh karena itu, semua mata pelajaran membutuhkan pemahaman konsep
materi pelajaran. Bahkan konsep merupakan pondasi utama dalam memahamami tiap
materi khususnya matematika. Akan tetapi, guru dalam membangun pemahaman konsep
siswa tidaklah mudah. Di sini dibutuhkan langkah-langkah inovatif dari gurunya
sendiri.
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar