• (Refleksi) Mathematics and Language 13

    http://powermathematics.blogspot.com/2013/03/mathematics-and-language-13.html



    Problematika pembelajaran saat ini, yaitu terletak pada metode yang terlalu mengejar target hasil (output). Hal ini tidak diimbangi dengan perencanaan dan pengelolaan pembelajaran yang menstimulus siswa untuk berkreativitas. Begitu juga dengan pelajaran matematika yang menjadi salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Saya setuju apabila matematika bukanlah hafalan tumpukan rumus. Sebab dengan hafalan atau daya ingat tersebut justru akan membebankan siswa yang mengakibatkan ketidakefektivan dalam belajar. Pada dasarnya, segala sesuatu yang dihafal cenderung akan cepat hilang atau lupa. Oleh karena itu, semua mata pelajaran membutuhkan pemahaman konsep materi pelajaran. Bahkan konsep merupakan pondasi utama dalam memahamami tiap materi khususnya matematika. Akan tetapi, guru dalam membangun pemahaman konsep siswa tidaklah mudah. Di sini dibutuhkan langkah-langkah inovatif dari gurunya sendiri.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar