• Refleksi The Nature of Teaching Learning Processes

    http://powermathematics.blogspot.com/2012/10/the-nature-of-teaching-learning.html


    Dalam proses pembelajaran kita mengenal adanya dua sistem, yaitu sistem tradisional dan progresif. Pada sistem tradisional ini, pada intinya guru berperan sebagai penguasa dalam pembelajaran yang mengatur, menjelaskan, menemukan, merumuskan, dan sebagai penceramah bagi siswanya. Sedangkan pada sistem progresif, siswa cenderung yang lebih aktif. Siswa dilatih untuk berkembang di mana mereka dapat mencari, menemukan, merumuskan, dan memiliki konsep sendiri. Dalam hal ini, ketergantungan siswa kepada guru diminimalisir. Penyajian materi pun tidak secara langsung dapat dinikmati oleh siswa, melainkan membutuhkan proses atau usaha dari siswa terlebih dahulu. Guru berperan sebagai peneliti jalannya pembelajaran yang dapat membantu siswa jika terdapat kesulitan atau kekeliruan dalam pemahaman konsep materi yang dipelajari.
    Dari artikel di atas, Paul Ernest (1994) menguraikan berbagai permasalahan dalam pendidikan matematika, yaitu pedagogi matematika, teknologi dalam pengajaran matematika, matematika dan simbolisasi, serta matematika dan budaya.
    Melihat praktik proses pembelajaran saat ini, kebanyakan guru masih menerapkan pembelajaran tradisional. Saya setuju bahwa pendidikan di Indonesia membutuhkan berbagai perubahan yang mengarah pada sistem progresif, yang diharapkan mampu mengembangkan pendidikan di Indonesia.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar