• (Refleksi) The Nature of Mathematics Education Aim

    http://powermathematics.blogspot.com/2012/10/the-nature-of-mathematics-education-aim.html


    Persepsi merupakan anggapan atau pandangan terhadap sesuatu. Pada artikel di atas, menunjukkan adanya berbagai persepsi mengenai tujuan pendidikan matematika. Ada yang berpendapat bahwa tujuan pendidikan matematika merupakan dasar mengajar perhitungan Aritmatika, mentrasfer ilmu pengetahuan, sarana kreativitas, dan pemahaman siswa. Sedangkan menurut Niss, 1983 (di dalam Ernest,1991) berpendapat bahwa tujuan pendidikan matematika harus memungkinkan siswa untuk memahami, menilai, menggunakan dan mengaplikasikan matematika di dalam kehidupan masyarakat.
    Saya setuju dengan pendapat Niss tersebut, karena pada dasarnya siswa merupakan titik pusat dalam pembelajaran. Siswa hendaknya diberi kesempatan untuk bereksplorasi untuk melakukan investigasi yang mana diharapkan pada akhirnya siswa berusaha membangun konsep atau pola pikir, memecahkan persoalan dengan cara sendiri, serta mampu menyimpulkan materi yang dipelajari. Dengan memposisikan siswa sebagai titik pusat atau subjek pembelajaran, semoga tujuan pembelajaran yang telah disebutkan di atas dapat terwujud. Amin.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar