Persepsi
merupakan anggapan atau pandangan terhadap sesuatu. Pada artikel di atas,
menunjukkan adanya berbagai persepsi mengenai tujuan pendidikan matematika. Ada
yang berpendapat bahwa tujuan pendidikan matematika merupakan dasar mengajar
perhitungan Aritmatika, mentrasfer ilmu pengetahuan, sarana kreativitas, dan pemahaman
siswa. Sedangkan menurut Niss, 1983 (di dalam Ernest,1991) berpendapat bahwa
tujuan pendidikan matematika harus memungkinkan siswa untuk memahami, menilai,
menggunakan dan mengaplikasikan matematika di dalam kehidupan masyarakat.
Saya
setuju dengan pendapat Niss tersebut, karena pada dasarnya siswa merupakan
titik pusat dalam pembelajaran. Siswa hendaknya diberi kesempatan untuk
bereksplorasi untuk melakukan investigasi yang mana diharapkan pada akhirnya
siswa berusaha membangun konsep atau pola pikir, memecahkan persoalan dengan
cara sendiri, serta mampu menyimpulkan materi yang dipelajari. Dengan
memposisikan siswa sebagai titik pusat atau subjek pembelajaran, semoga tujuan
pembelajaran yang telah disebutkan di atas dapat terwujud. Amin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar