• The anxiety of Mathematics Teachers and Their Problems

    http://powermathematics.blogspot.com/2008/11/the-anxiety-of-mathematics-teachers-and.html?showComment=1362062343494#c2666810633372849140


    Artikel di atas menjelaskan tentang kegelisahan atau masalah-masalah yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran. Permasalahan-permasalahan tersebut diantaranya guru tidak membuat buku ajar sendiri. Padahal, buku ajar ini sangat penting dalam penentuan materi yang dipelajari dalam proses belajar mengajar. Seharusnya, guru mampu menyusun buku ajar sendiri, sebab guru lah yang mengetahui kriteria atau kondisi siswanya. Kemudian dalam praktik pembelajaran, guru masih mempertanyakan akan keefektivan penggunaan pembelajaran inovatif. Mereka menganggap cara ini kurang efektif dan terkesan lambat mengingat materi yang cukup banyak dan adanya pelaksanaan Ujian Nasional. Akibatnya, kebanyakan guru masih menerapkan pembelajaran tradisional.
    Permasalahan lain yaitu guru yang belum mampu mengembangkan Lesson Plan. Kebanyakan, guru mengajar lebih menekankan pada usaha mempersiapkan siswa agar memperolah hasil yang tinggi dalam Ujian Nasional. Sebagian besar, orang menjadikan Ujian Nasional ini sebagai tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran. Namun, menurut saya Ujian Nasional ini tidak mutlak menentukan kualitas siswa sesungguhnya.
    Tak jarang, guru pun merasa kesulitan dalam mengatur waktu. Hal ini mengingat bahwa banyaknya materi yang dipelajari siswa, sedangkan jam KBM matematika di sekolah terbatas. Oleh karena itu, sebaiknya guru mampu mengembangkan Lesson Plan dengan membuat buku ajar sendiri dan mampu mengatur waktu agar proses pembelajaran lebih efektif.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar