• (Refleksi) Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 3: Budaya Matematika Menghasilkan Mathematical Intuition

    http://powermathematics.blogspot.com/2010/09/elegi-pemberontakan-pendidikan_6933.html?showComment=1362195225268#c6900331224073525639


    Sesuai pernyataan Thompson, P 1993 di atas tentang pentingnya membudayakan matematika menjelaskan bahwa intuisi matematika adalah subject to cultural forces (budaya bermatematika). Intuisi ini perlu dilatih, karena dengan intuisi siswa maupun guru dapat menghasilkan ide-ide atau gagasan yang sangat membantu proses pembelajaran. Dalam mempelajari suatu hal diperlukan pemahaman konsep terlebih dahulu. Karena dengan pemahaman konsep, kita akan mengetahui kemana arah tujuan mempelajari suatu materi pelajaran yang dibahas. Dengan kata lain, konsep merupakan pondasi dalam membangun pengetahuan.
    Oleh karena itu, saya setuju bahwa perlunya mengembangkan intuisi dan membudayakan matematika. Dengan upaya tersebut diharapkan siswa mempunyai pengalaman dan keterampilan terutama dalam menghadapi persoalan dalam pembelajaran. Kedua hal tersebut menjadi tanggung jawab semua pihak.  
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar