• Sekolah Bertaraf Internasional : Sebuah Epistemology

    http://powermathematics.blogspot.com/2012/10/sekolah-bertaraf-internasional-sebuah.html?showComment=1362059231692#c6895106846054754488


    Suatu sekolah bisa menjadi sekolah SBI tidaklah mudah. Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) harus didukung oleh semua komponen maupun unsur yang internasional pula. Uraian di atas menjelaskan perbandingan antara kondisi global dengan kondisi Indonesia. Bagian kiri (global) disebutkan sebagai negara maju, the winner, the best, internasional, dll. Unsur-unsur di bagian kiri ini disebut terminal point. Sedangkan di bagian kanan (Indonesia) disebutkan sebagai negara berkembang, tradisional, the looser, the least, dll. Unsur-unsur di bagian kanan ini disebut starting point.
    Melihat perbandingan kedua kondisi tersebut tentunya terdapat perbedaan yang cukup jauh. Menurut hipotesis analisis di atas disebutkan bahwa dalam waktu 100 tahun, bangsa Indonesia masih kalah dengan bangsa Jepang, Cina, dan Amerika, tetapi kita akan melihat kejayaan Indonesia setelah kurun waktu lebih dari 100 tahun (alih beberapa generasi). Saya setuju dengan hipotesis analisis tersebut, kita masih perlu kerja keras dan diperlukan adanya beberapa perubahan khususnya dalam proses pembelajaran. Karena perubahan tersebut tidak dapat diperoleh secara instant melainkan butuh proses yang continue.

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar