• Forum Tanya Jawab 63: Bagaimana Siswa Bisa Menentukan Kurikulum?

    http://powermathematics.blogspot.com/2012/10/forum-tanya-jawab-63-bagaimana-siswa.html


    Kurikulum yang berlaku saat ini di Indonesia hanya ditentukan atau disusun oleh pemerintah atau para pakarnya dimana mereka belum tentu mengetahui kemampuan siswa pada umumnya. Sehingga, dengan adanya sistem sentralisasi tersebut, pada umumnya guru hanya mengejar target atau berfokus pada penyelesaian materi yang telah ditentukan oleh kurikulum yang berlaku.
    Yang membuat saya tertarik dari hasil observasi di atas yaitu siswa di Inggris dapat menentukan kurikulum. Sempat terbesit dalam benak saya, bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Karena sampai saat ini jika dibandingkan dengan praktik pendidikan di Indonesia masih menerapkan pembelajaran tradisional dimana keaktifan siswa minim dalam proses pembelajaran.
    Sesuai uraian di atas, kurikulum yang diberlakukan di Inggris bersifat desentralisasi dimana kurikulum itu adalah urusan sekolah masing-masing. Maksud dari pernyataan bahwa siswa dapat menentukan kurikulum adalah setiap akhir pelajaran matematika, guru selalu mewawancarai para siswa untuk mengetahui jenis kegiatan apa saja yang mereka inginkan dari pelajaran matematika minggu depan yang akan dipelajari. Dalam hal ini guru melibatkan siswa mengenai proses pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing siswa. Dari keanekaragaman kondisi siswa tersebut, guru pun menyiapkan beragam LKS untuk melayani kebutuhan siswa yang berbeda tersebut dan membuat portofolio untuk mengetahui jalannya pembelajaran. Sehingga, dengan keduanya diharapkan guru mampu memahami kemampuan masing-masing siswa dan dapat mengoreksi jalannya pembelajaran.

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar