-
http://powermathematics.blogspot.com/2011/10/elegi-silaturahim-matematika.html
Elegi di atas menguraikan
beberapa teori mengenai filsafat matmatika. Seperti yang telah dijelaskan
sebelumnya mengenai hakikat matematika sekolah menurut Ebutt and Straker, yaitu
matematika sebagai kegiatan penelusurn pola dan hubungan, sebagai kreativitas
yang membutuhkan intuisi, kegiatan problem solving, dan komunikasi. Hal tersebut
seperti elegi di atas pada Matematika17: Aku adalah matematika. Diriku yang
utama adalah pola-pola
dan relasi. Guruku adalah Ebutt dan Strakker.
Matematika18: Aku adalah matematika. Diriku tiada lain
adalah komunikasi. Tiadalah diriku yang tidak dapat dikomunikasikan. Guruku adalah Ebutt dan Strakker.
Matematika19: Aku adalah
matematika. Diriku adalah investigasi. Kegiatan penelitian itu adalah
diriku. Guruku adalah Ebutt dan Strakker.
Matematika 17, 18, dan 19 ini dapat
dijadikan bekal guna diimplementasikan dalam proses pemelajaran matematika, di
mana belajar dijadikan sebagai kegiatan siswa.
Selain itu, elegi silaturahim
matematika juga menguraikan teori-toeri yang menekankan pembelajaran inovatif,
di mana siswa sebagai subjek pembelajaran.
(Refleksi) Elegi Silaturahim Matematika
Dini Annisa Nurbaety Elsola
Mei 16, 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar