• (Refleksi) Elegi Silaturahim Matematika

    http://powermathematics.blogspot.com/2011/10/elegi-silaturahim-matematika.html



    Elegi di atas menguraikan beberapa teori mengenai filsafat matmatika. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai hakikat matematika sekolah menurut Ebutt and Straker, yaitu matematika sebagai kegiatan penelusurn pola dan hubungan, sebagai kreativitas yang membutuhkan intuisi, kegiatan problem solving, dan komunikasi. Hal tersebut seperti elegi di atas pada Matematika17: Aku adalah matematika. Diriku yang utama adalah pola-pola dan relasi. Guruku adalah Ebutt dan Strakker.

    Matematika18:  Aku adalah matematika. Diriku tiada lain adalah komunikasi. Tiadalah diriku yang tidak dapat dikomunikasikan. Guruku adalah Ebutt dan Strakker.

    Matematika19: Aku adalah matematika. Diriku adalah investigasi. Kegiatan penelitian itu adalah diriku. Guruku adalah Ebutt dan Strakker.

    Matematika 17, 18, dan 19 ini dapat dijadikan bekal guna diimplementasikan dalam proses pemelajaran matematika, di mana belajar dijadikan sebagai kegiatan siswa.

    Selain itu, elegi silaturahim matematika juga menguraikan teori-toeri yang menekankan pembelajaran inovatif, di mana siswa sebagai subjek pembelajaran.

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar