Dalam mencapai tujuan pembelajaran
dibutuhan korelasi yang baik, yaitu antara guru, media atau alat peraga, sumber
belajar, metode pembelajaran, dan siswa (SD). Di sini, guru memiliki peran
penting dalam keberhasilan penyampaian dan pemahaman materi khususnya bagi
siswa SD. Sebab anak SD lebih mudah belajar Matematika dengan melihat apa yang
ada di sekitarnya. Siswa akan menjadi lebih kreatif, dapat mengembangkan
materi, tidak terpaku atau tergantung pada apa yang disampaikan guru, timbul
kesenangan terhadap pelajaran, bahkan siswa diharapkan mampu menyimpulkan dan
merumuskan suatu materi pelajaran. Jika sejak awal pembelajaran Matematika
sudah dihadapkan pada angka atau sebuah teori, maka kesan pertama anak terhadap
pelajaran pun menjadi jenuh, rumit, dan sulit.
Saya setuju dengan uraian pembelajaran
Matematika di SD di atas, karena pembelajaran Matematika khususnya di SD tidak
lepas dari pengalaman dan lingkungan sekitar siswa. Oleh karena itu, kita
sebagai calon guru SD hendaknya senantiasa belajar untuk selalu menemukan
metode-metode pembelajaran Matematika yang baru untuk bekal mengajar nanti.
Amien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar