• KoBarKan RumBel (Kolaborasi Tebar Kebermanfaatan Rumah Belajar) #11

     KoBarKan RumBel (Kolaborasi Tebar Kebermanfaatan Rumah Belajar) #11

    Berbagi Di Lingkungan Rumah




            Keberhasilan pendidikan tentu perlu adanya kerja sama dan dukungan dari semua elemen. Sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara, terdapat tiga pilar pendidikan yaitu rumah, sekolah, dan masyarakat. Di lingkungan masyarakat tempat tinggal saya (Cekelan, Karangsari, Pengasih, Kulon Progo) terdapat sebuah pos ronda. Kebetulan pos ronda tesebut terletak di seberang rumah saya. Seringkali saya melihat beberapa anak kumpul di pos ronda. Setelah saya amati, ternyata sebagian anak membawa handphone dan mereka gunakan untuk bermain game. Berdasarkan permasalahan tersebut, saya berupaya berbagi dan memberikan pemahaman kepada anak-anak, bahwa di portal rumah belajar juga ada fitur edugame yang tentu tidak kalah menarik dengan game yang sering anak-anak mainkan. Alhamdulillah anak-anak  tertarik dan antusias, sehingga menjadi langkah awal yang baik untuk saya melakukan pengenalan portal rumah belajar kepada mereka. Kegiatan saya lakukan di depan rumah dengan memfasilitasi mereka menggunakan laptop dan jaringan WIFI. Setelah mencoba beberapa game di fitur edugame, saya mengajak mereka bereksplorasi menggunakan beberapa fitur yang lain. Di akhir kegiatan, mereka justru ingin belajar bersama kembali. 

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar