• Perencanaan Pembelajaran Matematika

    http://powermathematics.blogspot.com/2008/11/perencanaan-pembelajaran-matematika.html?showComment=1361800110975#c6539095411425925293


    Sesuai uraian di atas, jika akan melakukan sesuatu hendaknya perlu ada persiapan dan perencanaan agar prosesnya lebih terarah dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Begitu juga dalam proses pembelajaran yang dihadapkan pada keanekaragaman kondisi siswa. Maka, sebelum melakukan pembelajaran hendaknya guru membentuk perencanaan pembelajaran yaitu dalam bentuk RPP (Lesson Plan). Baik guru maupun siswa dapat mengetahui dengan pasti tujuan yang hendak dicapai dan cara mencapainya.
    Kemampuan membentuk rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut merupakan hal yang harus dimiliki oleh seorang guru. Di dalam rencana pembelajaran ini memuat  kompetensi dasar yang akan dimiliki oleh siswa, apa yang harus dilakukan, apa yang dipelajari, bagaimana mempelajarinya, serta bagaimana guru mengetahui bahwa siswa dapat menguasai kompetensi tertentu. Selain itu, guru juga diharapkan mampu membuat LKS sendiri yang disesuaikan dengan kondisi siswanya.
    Oleh karena itu, dengan berpedoman RPP ini guru akan dapat mengajar dengan sistematis, tanpa keluar dari tujuan, ruang lingkup materi, strategi belajar mengajar, atau keluar dari sistem evaluasi yang seharusnya. RPP ini akan membantu guru dalam mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin timbul dalam pembelajaran.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar