• (Refleksi) The Scene of Primary Mathematics Teaching

    http://powermathematics.blogspot.com/2008/12/the-scene-of-primary-mathematics.html


    Penelitian kualitatif mengenai proses belajar mengajar matematika oleh mahasiswa Pra-layanan Pelatihan Guru matematika ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan proses pembelajaran matematika. Pada penelitian tersebut, proses pembelajaran menerapkan metode STAD. Menurut Slavin (1995) terdapat beberapa komponen dalam metode STAD, antara lain presentasi kelas, ulangan atau ujian, score atau penilaian, dan kerja kelompok. Dalam penelitian tersebut dipusatkan pada proses pemecahan masalah dalam mencari keliling dan luas segi banyak. Siswa dibimbing untuk melakukan pengamatan dan guru berperan sebagai peneliti. Dengan menerapkan metode tersebut, ternyata presentasi hasil siswa pada SDN Ngabean Yogyakarta mengalami peningkatan. Hal ini ditandai dengan peningkatan hasil atau nilai ulangan matematika kelas. Disimpulkan bahwa siswa SDN Ngabean memiliki kompetensi dalam memahami atau mengidentifikasi permasalahan, merencanakan untuk memecahkan permasalahan, memecahkan permasalahan yang direncanakan atau menemukan solusi, dan meneliti kembali hasil solusi tersebut. Sehingga, pola pikir siswa dapat terbentuk dengan berbagai langkah pemecahan masalh tersebut. Siswa pun akan menjadi mandiri dan kreatif. Oleh karena itu, metode STAD ini memberikan inspirasi untuk diterapkan dalam proses pembelajaran matematika.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar