Penelitian kualitatif
mengenai proses belajar mengajar matematika oleh mahasiswa
Pra-layanan Pelatihan Guru matematika ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan
proses pembelajaran matematika. Pada penelitian tersebut, proses pembelajaran
menerapkan metode STAD. Menurut Slavin (1995) terdapat beberapa komponen dalam
metode STAD, antara lain presentasi kelas, ulangan atau ujian, score atau
penilaian, dan kerja kelompok. Dalam penelitian tersebut dipusatkan pada proses
pemecahan masalah dalam mencari keliling dan luas segi banyak. Siswa dibimbing
untuk melakukan pengamatan dan guru berperan sebagai peneliti. Dengan menerapkan
metode tersebut, ternyata presentasi hasil siswa pada SDN
Ngabean Yogyakarta mengalami peningkatan. Hal ini ditandai dengan
peningkatan hasil atau nilai ulangan matematika kelas. Disimpulkan bahwa siswa SDN
Ngabean memiliki kompetensi dalam memahami atau mengidentifikasi permasalahan,
merencanakan untuk memecahkan permasalahan, memecahkan permasalahan yang
direncanakan atau menemukan solusi, dan meneliti kembali hasil solusi tersebut.
Sehingga, pola pikir siswa dapat terbentuk dengan berbagai langkah pemecahan
masalh tersebut. Siswa pun akan menjadi mandiri dan kreatif. Oleh karena itu,
metode STAD ini memberikan inspirasi untuk diterapkan dalam proses pembelajaran
matematika.
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar