• Refleksi The Nature of Students Learn Mathematics

    http://powermathematics.blogspot.com/2012/10/the-nature-of-students-learn-mathematics.html


    Setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik dari segi fisik, sosial, psikologis, emosional, dan moral. Berdasarkan uraian di atas, menyebutkan bahwa siswa tergolong atau termasuk masa remaja. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas siswa sangat menonjol baik dari segi pemikiran yang semakin logis, abstrak, dan idealistis. Pada umumnya, pada masa remaja ini anak cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka cenderung menyukai suatu tantangan untuk memecahkan suatu permasalahan. Selain itu, mereka juga ingin selalu mencoba atau bereksperimen sendiri, karena pada dasarnya pada masa ini anak masih berkembang, labil, dan membutuhkan perhatian khusus.
    Saya setuju dengan pendapat Ebutt and Straker (1995) yang menyatakan bahwa hakikat belajar matematika terdiri dari motivasi, kemandirian, kerja sama, serta kontekstual. Karena keempat komponen tersebut sangat penting dalam proses pembelajaran yang mana diharapan mampu berkolaborasi dan saling bersinergi. Dalam hal ini perlu adanya pantauan dari guru. Guru hendaknya mampu membaca atau memahami karakteristik siswa yang berbeda tersebut. Tak lupa, peran guru sebagai motivator juga sangat berpengaruh terhadap jalannya pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan pondasi komunikasi yang baik antara guru dengan siswa.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar