Kembali
lagi bahwa pada hakikatnya siswa lah yang menjadi subjek pembelajaran. Saya setuju
dengan pendapat di atas bahwa salah satu unsur yang tak kalah penting dalam
pembelajaran, yaitu adanya komunikasi antara guru dengan siswa. Proses komunikasi dalam pembelajaran ini untuk menyampaikan pesan dari pendidik
(guru) kepada peserta didik
(siswa) dengan tujuan agar
pesan dapat diterima dengan baik dan berpengaruh terhadap pemahaman serta
perubahan tingkah laku. Selain itu, komunikasi juga dapat
berfungsi untuk meminimalisir terjadinya kesenjangan atau rasa takut siswa
kepada guru. Saya Dengan
demikian keberhasilan kegiatan pembelajaran sangat tergantung kepada efektifitas
proses komunikasi yang terjadi dalam pembelajaran tersebut.
Proses komunikasi dapat berlangsung satu arah dan dua
arah. Komunikasi yang dianggap efektif adalah komunikasi yang menimbulkan arus
informasi dua arah, yaitu dengan munculnya feedback dari pihak penerima pesan.
Dengan
kata lain, guru hendaknya mampu membangun komunikasi dengan kokoh. Ibarat sebuah
bangunan, agar bangunan tersebut dapat seimbang dan kokoh, dibutuhkan semen
yang berkualitas. Semen tersebut ialah komunikasi yang mampu menimbulkan umpan
balik dari siswa. Sehingga, pada akhirnya siswa pun mampu aktif dan
pemikirannya lebih berkembang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar