• (Refleksi) Mathematics and Language 7

    http://powermathematics.blogspot.com/2013/03/mathematics-and-language-7.html



    Kembali lagi bahwa pada hakikatnya siswa lah yang menjadi subjek pembelajaran. Saya setuju dengan pendapat di atas bahwa salah satu unsur yang tak kalah penting dalam pembelajaran, yaitu adanya komunikasi antara guru dengan siswa. Proses komunikasi dalam pembelajaran ini untuk menyampaikan pesan dari pendidik (guru) kepada peserta didik (siswa) dengan tujuan agar pesan dapat diterima dengan baik dan berpengaruh terhadap pemahaman serta perubahan tingkah laku. Selain itu, komunikasi juga dapat berfungsi untuk meminimalisir terjadinya kesenjangan atau rasa takut siswa kepada guru. Saya Dengan demikian keberhasilan kegiatan pembelajaran sangat tergantung kepada efektifitas proses komunikasi yang terjadi dalam pembelajaran tersebut.
    Proses komunikasi dapat berlangsung satu arah dan dua arah. Komunikasi yang dianggap efektif adalah komunikasi yang menimbulkan arus informasi dua arah, yaitu dengan munculnya feedback dari pihak penerima pesan. Dengan kata lain, guru hendaknya mampu membangun komunikasi dengan kokoh. Ibarat sebuah bangunan, agar bangunan tersebut dapat seimbang dan kokoh, dibutuhkan semen yang berkualitas. Semen tersebut ialah komunikasi yang mampu menimbulkan umpan balik dari siswa. Sehingga, pada akhirnya siswa pun mampu aktif dan pemikirannya lebih berkembang.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar