• (Refleksi) Artikel Populer: Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Matematika

    http://powermathematics.blogspot.com/2012/10/artikel-populer-pendidikan-karakter.html


    Artikel di atas sangat bermanfaat khususnya bagi kita sebagai calon guru yang akan mendidik siswa. Penanaman pendidikan karakter bagi generasi bangsa khususnya siswa atau mahasiswa memang penting dilakukan. Karena melalui pendidikan karakter inilah diharapkan mampu memecahkan krisis moral yang melanda di negara kita. Krisis moral tersebut antara lain meningkatnya pergaulan bebas, kebiasaan menyontek, kejahatan terhadap teman, kekerasan anak-anak dan remaja, budaya korupsi, penyalahgunaan obat-obatan, pornografi, dan lain-lain.
    Pendidikan karakter merupakan suatu usaha untuk menanamkan nilai-nilai atau sikap yang baik bagi peserta didik, sehingga diharapkan siswa dapat mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam tingkah laku sehari-hari. Nilai-nilai tersebut diantaranya nilai religius, jujur, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Guru hendaknya menanamkan pendidikan karakter ini dengan cara menerapkan nilai-nilai tersebut dalam sikap dan perilaku secara terus-menerus, sehingga membentuk suatu kebiasaan. Dari kebiasaan tersebut akan tertanam karakter khusus bagi setiap individu siswa.
    Apakah matematika juga terdapat penanaman pendidikan karakter? Pendidikan karakter biasanya identik dengan pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Namun, sebenarnya pada seluruh mata pelajaran pasti terselip atau memiliki pendidikan karakter, termasuk pendidikan matematika. Sesuai artikel di atas, pengembangan karakter dalam pendidikan matematika dapat dilaksanakan dengan mengembangkan komunikasi material, formal, normatif, dan spiritual. Sebagai guru, hendaknya mampu melakukan pendekatan dengan dunia siswa belajar matematika. Semoga dengan pengembangan pendidikan karakter ini mampu mempersiapkan generasi yang berkualitas dan kaya akan nilai-nilai karakter. Amin.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar